Pages

Rabu, 27 November 2013

Makanan Halal di Korea Selatan

Annyeonghaseyo!
Kali ini mau nge-share tentang beberapa makanan halal di Korea Selatan. Sebagai muslim yang taat, sudah sepantasnya kita sangat memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita karena makanan yang kita makan haruslah halal  dan thayyib. Kita harus berhati-hati mengenai makanan terutama saat berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya bukanlah beragama Islam. Korea selatan seperti yang sudah diketahui bukanlah negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Kita harus berhati-hati saat makan karena umumnya di korea selatan makanan yang disajikan mengandung daging babi. Beberapa orang menganggap bahwa makan daging ayam atau sapi di sini halal, tetapi ada juga sebagian yang lain memilih untuk menghindari memakan daging karena walaupun halal tetapi apakah thayyib? Karena penduduk di sini mayoritas tidak beragama Islam maka dapat kita anggap pada saat hewan ayam dan sapi itu disembelih, mereka tidak menyembelihnya sesuai syariat Islam dan hal itu dapat menyebabkan dagingnya menjadi haram. Oleh karena itu, pilihan utama saat berada di sini adalah dengan makan lauk berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang sudah pasti halal. Yuk, langsung aja kita simak beberapa makanan halal di Korea Selatan ^^

1. Saengsoen Kasseu (Fish Mayonnaise)

Umumnya berupa nasi dengan ikan fillet yang digoreng tepung dengan mayones diatasnya. Di sini apabila kita memesan nasi, selalu didampingi dengan sup. Rasa supnya hambar hanya berupa kuah dengan taburan daun bawang. Selain itu kita juga diberi kimchi (fermented vegetables) yang merupakan makanan khas korea selatan sebagai makanan pembuka. Rasanya asam karena merupakan hasil fermentasi.

2. Tteokpokki (spicy rice cake)


Tteokpokki merupakan makanan ringan paling digemari di korea selatan. Porsinya walaupun dikatakan makanan ringan tapi cukup banyak apalagi untuk perut orang indonesia. Walaupun dikatakan pedas tapi bagi orang indonesia mungkin terasa kurang pedas karena di sini hanya ada cabai dan tidak ada rempah-rempah yang bisa membuat pedas seperti sambal di indonesia.

3. Shrimp udon

Salah satu makanan yang bisa dimakan disini adalah mi. Udon salah satu jenis mi dengan ciri khas minya yang tebal-tebal. Rasa kuahnya agak hambar seperti kebanyakan makanan disini. Mungkin karena terbiasa dengan masakan di indonesia yang kaya akan rempah disini jadi terasa hambar makanannya.

4. Naengmyoen (cold noodle)


Salah satu makanan khas korea selatan yang ada pada saat musim panas. Untuk mengatasi cuaca panas, makanan dingin seperti yang satu ini banyak disajikan. Kuahnya disajikan dalam keadaan dingin dan ditambahkan es batu.  Seperti kebanyakan makanan khas lainnya, mi dingin ini juga merupakan hasil fermentasi sehingga rasanya sangat asam. Tekstur minya sangat kenyal sampai-sampai sangat sulit untuk digigit. Sebaiknya sebelum dimakan, minya dipotong-potong terlebih dahulu untuk memudahkan makan.

 5. Spicy seafood noodle


Mi dengan kuah pedas dan beberapa jenis makanan laut seperti kerang, potongan kaki cumi-cumi dan gurita kecil didalamnya. Disajikan dengan bawang bombay yang banyak. Tekstur minya agak keras tetapi pas untuk digigit dengan ukuran yang sedang. Kuahnya cukup pedas untuk ukuran pedas di korea selatan. Porsinya besar bahkan bisa dikatakan agak berlebih untuk perut orang indonesia.

6. Soup noodle


Mi yang diberi kuah sup hambar. Tekstur minya lembut dan mudah digigit. Porsinya sedang Cocok untuk cemilan. Diberi tambahan irisan telur dadar, wortel, timun dan bawang bombay. Tak lupa ditaburi rumput laut kering diatasnya.

7. Hot pot tofu


Makanan yang sangat cocok di musim dingin. Berupa tahu dengan kuah pedas. Ditambahkan kerang dan ditaburi irisan bawang daun diatasnya. Karena disajikan dalam keadaan yang masih sangat panas, sebaiknya dibiarkan sedikit dingin terlebih dahulu kalau tidak lidah anda akan terbakar.

8. Spicy and sour noodle


Salah satu varian mi di korea. Disajikan dalam keadaan tanpa kuah dan dingin. Berisi mi, irisan timun, kol dan wortel lalu disiram dengan kuah dengan rasa asam. Sayuran yang ada didalamnya terasa masih keras karena sepertinya hanya dicuci kemudian dipotong-potong lalu disajikan. Rasa asamnya akan mengingatkan anda akan rasa rujak.

9. Camchi mayo (tuna mayonnaise)


Berupa nasi dengan telur mata sapi, irisan wortel dan tuna yang telah dihaluskan dan telah dicampur dengan mayones lalu ditaburi dengan rumput laut kering. Tak lupa disediakan pula sup dengan rasa yang hambar.  Rasa dari makanan ini agak manis akibat dari mayonesnya.

10.  Heonsik (kurang tau nama aslinya, tapi biasa disebut ini ^^)


Tahu yang dimasak dengan dicampur telur dan wortel, manisan ubi jalar dan sup dengan irisan tahu goreng yang rasanya seperti sup-sup di korea pada umumnya yaitu hambar. Aneh rasanya melihat ubi jalar yang diiris tipis kemudian dijadikan manisan sebagai lauk tapi begitulah adanya disini. Tahu yang disajikan memiliki rasa yang kurang jelas yang pasti kurang gurih seperti kurang garam atau merica dan sebagainya.

11. Sayur dengan potongan kaki gurita


Nasi yang disajikan disini ada berbagai jenis dan ini salah satu jenisnya yaitu nasi hitam. Mungkin bisa disebut nasi ketan hitam kalau di indonesia. Entah mengapa sayurnya selalu terasa hambar disini. Tidak hanya sayur tapi hampir semua yang berkuah disini rasanya hambar.

12. Odeng ramyeon


Pada umumnya ramyeon disini tidak dapat dimakan karena kuahnya mengandung daging babi tetaapi ada beberapa pengecualian yaitu ramyeon yang tidak memakai kuah aslinya alias kuah yang dibuat baru biasanya halal. Rasa kuahnya walaupun tidak hambar tapi masih dikatakan kurang gurih. Odeng merupakan salah satu makanan ringan disini berupa hasil olahan ikan. Dalam bahasa inggris disebut fish cake, kurang tepat kalau diubah ke bahasa indonesia yang menjadi kue ikan karena rasanya lebih seperti otak-otak.

13. Camchi jjigae


Seperti hot pot tofu, sup tuna pedas disajikan dalam hot pot dengan irisan bawang bombay dan wortel. Ditambah sebuah tahu sebagai hidangan sampingan.

Nah, itu beberapa makanan halal di Korea Selatan. Semoga bisa jadi referensi umat muslim saat berkunjung di negeri gingseng tersebut. :)

0 komentar:

Posting Komentar